Minggu, 07 Juli 2024

PSRB ANGKAT BICARA TERKAIT STATEMENT BEM MAHASISWA SINTANG SEBAIK NYA KITA DUDUK BERSAMA

PSRB ANGKAT BICARA TERKAIT STATEMENT BEM MAHASISWA SINTANG SEBAIK NYA KITA DUDUK BERSAMA

DelikBerita.com   Sintang, KALBAR Terkait stetement BEM mahasiswa kabupaten sintang yang mendukung tindakan tegas kapolda kalbar terhadap pekerja peti,agar tegas dan secara konsisten melakukan penindakan kepada pekerja tambang karena melakukan pengerusakan lingkungan.


Beberapa perwakilan PSRB ( penambang sintang raya bersatu) kabupaten sintang menilai pernyataan tersebut tidak nyaman di dengar  yang saat ini beredar di medsos lebih baik kita duduk bersama,”ucapnya.

"Menurut PRSB (Penambang sintang raya bersatu),kami hanya mencari penghidupan dan kebutuhan hidup sehari hari,di sisi lain pihaknya juga menunggu proses izin wilayah pertambangan rakyat (WPR).

“jadi sekarang,ya terpaksa kami bekerja dimana kami bisa bekerja agar bisa mencukupi biaya hidup sehari hari,untuk itu kami siap berhenti bekerja asal ada solusi yang benar benar nyata dan mampu menopang kebutuhan hidup kami,”tuturnya.

Seharusnya, para mahasiswa  BEM sintang berpikir secara realistis terhadap dampak dari penegakan hukum terhadap para pekerja tambang,kami sangat menyayangkan statmen tersebut yang pada akhirnya menimbulkan pro kontra berbagai macam opini publik di tengah masyarakat.

"Kami juga tidak menampik bahwa kegiatan penambang tidak ada yang tidak merusak lingkungan,namun kami sebagai masyarakat awam bekerja di tanah kami sendiri.kami juga mempertanyakan apakah exploitasi dan operasi produksi perusahaan tambang bersekala besar tidak merusak lingkungan.

Seharusnya BEM mahasiswa ada di depan kami yang secara akademis paham dalam regulasi,mengingat WPR yang kami ajukan butuh pemikiran kaum intelektual seperti mahasiswa, menginggat sampai saat ini masih dalam proses pengajuan belum juga selesai,untuk itu kami berharap peran serta mahasiswa yang mungkin siapa tau ada orang tuanya dan keluarganya bekerja sebagai penambang,ikut mendorong agar di kabupaten sintang segera terbit izin WPR,perlu diketahui bersama bahwa sekarang kami sudah masuk proses perbaikan berkas yang hasil revisinya sudah di serahkan ke kementrian ESDM. 

"Untuk itu penambang sintang raya bersatu meminta pemerintah untuk segera memproses izin WPR tersebut agar para pekerja bisa bekerja secara legal.”kami ini tidak ada pekerjaan lain.pekerjaan inilah yang menopang biaya hidup Kelurga kami, kami pun bekerja bukan mengeruk kekayaan,tapi kami butuh biaya hidup sehari hari.pungkasnya.

Publish : Budi Ardani

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved